Thursday, December 6, 2018

Karpet Ajaib Bimbali

Bimbali adalah anak pemilik pengusaha terkenal di Kota Murbua. Kedua orang tua Bimbali sangat murah hati dan suka menolong. Mereka suka membantu siapapun yang membutuhkan. Kedua orang tua Bimbali berprinsip bahwa kebaikan dan kasih sayang pada sesama yang menjaga usaha mereka dalam mendapatkan keuntungan.

Sayangnya, Bimbali yang sejak kecil sudah hidup berkecukupan menjadi malas-malasan. Ia selama ini hanya mengandalkan apa yang sudah dimiliki orang tuanya. Orang tuanya pun kebingungan bagaimana caranya agar Bimbali mau berusaha dan bekerja keras.

Dalam kondisi yang serba enak, tiba-tiba Bimbali mendapat berita duka. Kedua orang tuanya mengalami kecelakaan tunggal yang membuatnya yatim piatu. Bimbali sangat sedih. Belum ada keahlian yang ia pelajari dari kedua orang tuanya.

Sepulang dari pemakaman, Pamannya menghampiri Bimbali dan memberikan surat wasiat.

Anakku, ada sebuah karpet dan sekantung kecil emas yang Ayah simpan di tumpukan paling bawah lemari pakaian Ayah. Kalau kau bisa menemukan kebajikan setelahnya, Ayah yakin kamu mampu mengelola usaha Ayah jika Ayah telah tiada. Jika tidak, Ayah tahu siapa yang lebih berhak mengelolanya.

Bimbali sangat sedih atas kematian kedua orang tuanya. Selain sedih, ia juga cemas dengan kelanjutan hidupnya karena ia tahu dirinya belum menguasai ilmu perdagangan. Bimbali tidak pernah tahu di mana ayahnya menyimpan harta kekayaannya. Cepat ia pulang ke rumah dan membuka lemari pakaian ayahnya. Di sana, ia menemukan karpet biru kecil beserta sekantung logam emas yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Bimbali menggelar karpet kecil itu dan duduk di atasnya. Tanpa sadar, Bimbali menangis kembali sampai tertidur. Ia tidak tahu bahwa karpet yang dipakainya adalah karpet ajaib.
Bimbali terjaga dari tidurnya dan menyadari bahwa ia kini ada di tempat lain. Ia berada di rumah seorang pengusaha dari negeri tetangga. Ia bisa melihat keadaan sekitar namun ternyata orang lain tidak bisa melihat dirinya.

“Pak, apakah kamu sudah mendengar berita meninggalnya pasangan suami istri Reginson dari Kota Murbua?” sang istri bertanya pada suaminya si pengusaha.

“Iya. Aku turut berduka atas kejadian itu. Usaha mereka sepertinya belum menemukan penerusnya. Aku harap putra mereka bisa melanjutkan usaha kedua orang tuanya. Bukan hanya soal bisnisnya, tapi juga meneruskan kebaikan-kebaikan yang mereka itu perbuat pada banyak orang.”

Bimbali tertegun. Pasangan suami istri ini pastilah mitra bisnis ayah ibunya. Tapi apa yang mereka katakan barusan, meneruskan usaha, bukan hanya bisnisnya, tapi juga meneruskan kebaikannya....
Bimbali memejamkan matanya, kali ini, karpet biru ajaib warisan kedua orang tuanya membawanya ke lain tempat lagi.

Bimbali kini ada di rumah Paman Revi. Ia adalah seorang petugas kebersihan di salah satu kantor ayahnya. Bimbali mengenali Paman Revi sedari kecil. Waktu itu Bimbali sering ikut ayahnya ke kantor dan cukup sering bermain bersama Paman Revi. Bimbali juga pernah menjenguk Paman Revi waktu ia sakit. Setahu Bimbali, Paman Revi sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Bimbali melihat banyak orang berkumpul di salah satu ruangan. Bimbali penasaran. Ia segera ke sana. terlihat Paman Revi terbaring sakit dikelilingi anak cucunya.

“Anak-anakku, Bapak ingin bercerita sedikit,” katanya.

“Ada satu cerita yang belum Bapak bagikan pada kalian. Tapi Bapak ingin kalian tahu bahwa ada satu keluarga yang selalu baik pada kelarga kita. Ah, bahkan bukan hanya pada Bapak, tapi juga karyawan kantor lainnya.”

“Bapak ingin mewarisi kebaikan beliau. Kalian tahu, kebaikan yang Bapak terima bermakna besar bagi kehidupan keluarga kita. Bapak dibantu biaya pengobatan, biaya sekolah anak-anak, biaya perbaikan rumah saat musim dingin. Kalaulah umur Bapak tidak cukup panjang untuk meneruskan kebaikannya, Bapak harap kalian bisa menjadi penerus kebaikan itu.

Bimbali tertegun. Ia melihat kalender di dinding dan ternyata memang waktu seolah berjalan mundur pada waktu Paman Revi sakit keras sampai akhirnya meninggal.

Bimbali kembali terlempar ke tempat lainnya. Kali ini sebuah perkampungan kumuh.

Bimbali berjalan menyusuri jalan setapak yang tergenang sisa air hujan. Terdengar suara tangis anak kecil dari salah satu rumah. Bimbali mengabaikannya. Ia terus melaju mengikuti kata hatinya. Bimbali sampai pada sebuah pasar malam sekaligus pertunjukan karnaval sirkus luar negeri yang menarik dan cukup dinikmati. Ia pikir, uang emasnya lebih dari cukup untuk hidup beberapa hari ke depan jika hanya dikeluarkan untuk membeli tiket sirkus. Bimbali mengantri untuk membeli tiket.

Hatinya tidak tenang.

Bimbali terngiang tangisan yang tadi ia dengar.

Bimbali memutuskan keluar dari baris antrian. Ia mencari rumah mana yang tadi terdengar suara tangisan. Pikiran ini ternyata cukup mengganggunya.

Bimbali menemukan rumah yang ia maksud. Tangis anak itu perlahan mengecil. Namun ia dengar senandung pilu yang dinyanyikan sang ibu untuk menidurkan anaknya.”Tidur anakku sayang, semoga esok kita bisa makan....”

Bimbali iba. Ia melihat kantong uang dalam genggamannya. Ia tidak tahu berapa keping emas yang ada di kantongnya. Namun ia juga ragu, ia tidak tahu sampai kapan ia bisa hidup tanpa bekerja.

Bimbali memejamkan mata, ia mengingat perjalanan yang baru saja dilaluinya.
Ia ingat kata-kata meneruskan kebaikan. Ia ingat ayah dan ibunya yang membantu kehidupan Paman Revi.

Mata Bimbali berkaca-kaca. Ia membulatkan tekad, menghapus keraguan dalam hatinya. Ah, kupikir setidaknya masih ada persediaan makanan untuk beberapa hari ke depan. Aku bisa minta diajarkan bagaimana melanjutkan usaha ayah dan ibu atau mencari pekerjaan lain.

Tok tok!

Seorang perempuan membuka pintu. Anaknya yang baru saja tidur masih dalam gendongannya.

“Bu, aku ada sedikit untuk Ibu dan keluarga. Dibelikan untuk makanan yang sehat dan bergizi ya Bu. Agar anak Ibu tubuh sehat dan kuat.”

Si Ibu menatap Bimbali tak percaya. Matanya berkaca-kaca.

Sedetik kemudian, Bimbali sudah ada di rumahnya lagi.

Di atas karpetnya ada sebuah surat,

Nak, Ayah yakin Kamu akann jadi pimpinan perusahaan yang hebat. Ilmu usha bisa kamu cari. Kebaikan hati perlu diciptakan dan dibiasakan. Setinggi apapun usaha ini, sebanyak apapun keuntungan yang diperoleh, jangan pernah berhenti berbuat baik.Teruskan usaha Ayah dan Ibu.

Bimbali kembali menangis, kali ini sambil tersenyum.

6 comments:

  1. Fitri akhirnya ku muncul :D
    Aku suka ceritanya dari pengenalan tokoh, lalu permasalahan, klimaks dan penyelesaiannya. Di cerita, Bimbali terlihat kemajuan yang bertahap dari mendengarkan kisah tentang kebaikan orangtuanya sampai akhirnya dia mempraktikkan nilai yang diajarkan orangtuanya. Ceritanya ringan dan tidak membosankan :) Semangat menulis dan menebarkan kebaikan fit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak Nida'
      Alhamdulillaah, terima kasih sudah membaca dan komentarnya Da' Poin yang aku highlight di sini berarti alurnya yaa. Aamiin, makasih support dan semangatnya ya daa semoga nggak bosen kalau aku mintain feedback lagi yaa :D

      Delete
  2. keren kak... (saya ada beberapa masukan)
    but overall suka ide dan jalan ceritanya, semangat mbak.. Ganbatte

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini sini alim masukannya ditunggu
      kalo ada ide baru boleh loh :D
      Makasih banyak arimu san!

      Delete
  3. Fitrii, aku suka cara kamu menceritakan pengenalan tokoh, pembawaan konflik, sampai ke resolusi konfliknya dengan singkat tapi padat dan bermakna. Mungkin kalau masukan dr aku, "cerita kebaikan" yang disampaikan sama teman orang tuanya Bimbali bisa diperjelas lagi; kebaikan macam apa? Terus keterangan usia Bimbali skrb berapa? Apakah masih anak-anak, remaja, atau sudah dewasa? Karena kalau dia masih anak-anak, rasanya kurang pas ya menempatkan Bimbali sebagai 'penerus usaha', karena dia memang masih dalam masa harus belajar banyak tentang dunia bisnis dsb gitu. Dan mungkin satu lagi, di cara penulisan transisi scene-ke-scene Bimbali pindah dari satu tempat ke tempat lain pake karpet ajaib. But overall, I like the idea of your story. Keep writing, Fitri!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maryaaaam long time no see you in blogspot hehe
      trimakasih sarannyaa. Bimbali kayak remaja ke dewasa gitu bayanganku. noted untuk cerita kebaikan dan transisi scenenya ya.

      makasih maryam, keep reading yaa hehehe :)

      Delete